Home | @Facebook

Positif dan Negatif Tentang Kopi

Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di BLOG saya yang sederhana ini.
Positif dan Negatif Tentang Kopi


                Kopi sering kali diidentikan dengan minuman para pekerja malam. Dan tak jarang dianggap negatif dan kurang sehat. Sebenarnya tidak sepenuhnya hal itu benar. Asalkan dikonsumsi dengan bijak, justru kopi dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Positif dan Negatif Tentang Kopi
Positif daan Negatif  Kopi
 Menurut harvard women’s health, konsumsi kopi beberapa cangkir sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, pembentukan batu ginjal, kanker usus besar, penyakit parkison, kerusakan fungsi hari (sirosis), penyakit jantung serta menghambat penurunan daya kognitif otak.
Di bawah ini berbagai manfaat kopi bagi kesehatan :
·         Diabetes
Dua puluh studi yang dilakukan di dunia menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe dua hingga 50%. Para peneiti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik yang berada di dalam kopi yang berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan.
·         Kanker
Riset secara konsisten menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar.
·         Sirosis
Kopi melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis karena kecanduan alkohol.
·         Penyakit Parkinson
Para peminum kopi memiliki risiko terkena parkinson setengah lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum kopi.
·         Penyakit jantung dan stroke
Konsumsi kopi tidak meningkatkan risiko jantung dan stroke. Sebaliknya kopi justru sedikit mengurangi risiko stroke. Sebuah studi atas lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24tahun menunjukkan mereka yang meminum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki resiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkn mereka yang tidk minum kopi.
·         Fungsi kognitif
Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa setidaknya tiga cangkir kopi setiap hari dapatmenghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuan hingga 33persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih pekaterhadap kafein.
·         Melindungi Gigi
Kopi yang mengandung kafein memiliki kemampuan anti bakteri dan anti lengket, sehingga dapat menjaga bakteri penyebab lubang menggerogoti lapisan gigi. Minum kopi secangkirsetiap hari terbukti dapat encegah risiko kanker mulut hingga separuhnya. Senyawa yang ditemukan di dalam kopi juga dapat membatasi pertumbuhan sel kanker dan kerusakan DNA. Mencegah batu empedu. Batu empedu tumbuh ketikalendir didalam kantong empedu memerangkap kristal-kristal kolesterol. Xanthine, yang ditemukan didalam kafein, akan mengurangi lendir dan risiko penyimpanannya. Dua cangkir kopi atau lebih setiap hari akan membantu proses ini.
·         Melindungi kulit
Konsumsi2-5 cangkir kopi setiap hari dapat membantumenurunkan risiko kanker kulit nonmelanoma hingga 17%. Kafein dapat memacu kulit untuk membunuh sel-sel prakanker, dan juga menghentikan pertumbuhan tumor.
             Namun demikian, kopi juga mempunyai efek negatif. Kafein sebagai kandungan utama kopibersifat stimulan yang mencandu. Kafein memengaruhi sistem kardiovaskuler seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Dampak negatif itu muncul jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan.
                Bagi kebanyakan orang, minum dua sampai tiga cangkir kopi tidak memberikan dampak negatif. Meminum kopi dengan frekuensi lebih dari itu bisa menimbulkan jantung berdebar-debar, susah tidur, kepala pusing, dan gangguan lainnya.


0 comments:

Post a Comment