Home | @Facebook

Tips Memasak Sayuran Tetap Sehat

Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di BLOG saya yang sederhana ini.

Tips Memasak Sayuran Tetap Sehat

                Memasak sayur perlu kiat khusus. Salah mengolah, kandunga gizi dan mineral bisa rusak atau menguap sia-sia. Cara sehat yang dianjurkan adalah mengonsumsi sayuran segar tanpa dimasak. Hanya saja, kadang mencuci sayuran hingga bersih pun tak cukup membunuh bakteri dan kuman dalam sayuran.
Memasak Sayuran Tetap Sehat


                Lagi pula tak semua orang cocok makan sayuran mentah. Respon kekebalan tubuh berbedaa atau ibu hamil dengan tubuh yang lebih sensitif,bisa membut sayuran mentah menjadi berbahaya saat dikonsumsi. Sehingga tak ada cara lain paling aman selain memasak sayur agar kandunga nutrisinya tetap terjaga baik meskipun harus bersentuhan dengan sushu tinggi saat pengolahan.
°        Memanggang
Kulit sayuran akan menjaga sebagian besar nilai gizi dalam sayur. Saat memanggang, sayuran harus disertai kandungan air tinggi agar tidak mengering. Sayuran dari akar-akar adalahyang jenis terbaik untuk dipanggang seperti kentang, bawang,dan tomat.
°        Mengukus
Mengolah sayuran dengan mengukus mungkin adalah cara terbaik untuk mengolah seluruh tipe sayuran. Cara ini dapat mempertahankan gizi dalam sayuran dan mematangkan sayur lebih singkat.
°        Tekanan Tinggi/Presto
Memasak sayur dalam suhu tinggi / prestoakan menyingkat waktu memasak sehingga dapat menyimpan nutrisi. Misalnya, jika anda terlalu lama, biarpun dalam periode singkat, sayur akan berubah menjadi lembek. Apalagi semua sayur memiliki tekstur dan kepadatan berbeda sehingga pastikan jenis sayur dan periode yang tepat jika panci tekanan tinggi menjadi pilihan anda. Selama bisa, hindari memasak sayuran dengan presto.
°        Menumis
Ini merupakan cara yang tepat untuk memasak sayur diatas penggorengan pipih dengan sedikit minyak sayur. Di attas wajan melengkungpun bisa dilakukan. Tapi ingatlah, ketika memasak sayur dengan minyak, vitamin larut dalam lemak mungkin berakhir bersama minyak. Ada baiknya jangan buangminyak tersebut.
°        Memasak tanpa air
Metode ini baik untuk sayur-sayuran berdaun hijau dengan mengandalkan airair yang menempel pada daun setelah sayuran di cuci.cara ini biasanya membutuhkan waktu tiga hingga lima menit.
°        Merebus
Merebus sayur adalah cara yang paling tidak dianjurkan karena resiko nutrisi hilang sangat besar. Jika anda harus menggunakan cara ini,tambahkan sayur hanya setelah air mulai mendidih dan masaklah sesingkat mungkin.

0 comments:

Post a Comment