Home | @Facebook

Memanjakan Fisik dan Psikis dengan Relaksasi

Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di BLOG saya yang sederhana ini.

Memanjakan Fisik dan Psikis dengan Relaksasi

Memanjakan Fisik dan Psikis dengan Relaksasi

Menindaklanjuti entri penulis tentang stress kemarin, kali ini penulis juga menyajikan relaksasi sebagai penawar stress..

Menurut orang awam relaksasi sering kali diartikan dengan rileks, yaitu suatu tindakan yang digunakan untuk melepas ketegangan atau kelelahan. Misalnya olahraga, menonton acara televisi, rekreasi ke tempat-tempat wisata dan menyalurkan hobi yang dimiliki.

Pengertian Relaksasi
Relaksasi adalah teknik yang dapat digunakan semua orang untuk menciptakan mekanisme batin dalam diri seseorang dengan membentuk pribadi yang baik, menghilangkan berbagai bentuk pikiran yang kacau akibat ketidak berdayaan seseorang dalam mengendalikan ego yang dimilikinya, mempermudah seseorang mengontrol diri, menyelamatkan jiwa dan memberikan kesehatan bagi tubuh
2. Metode dasar relaksasi
metode dasar relaksasi adalah suatu proses melawan efek otonomis yang menyertai rileksasi dengan kecemasan dan ketegangan sehingga akan menimbulkan counter conditioning atau penghilangan.
3. Manfaat relaksasi
Mampu meningkatkan kesehatan secara umum dengan mempelancar proses metabolisme tubuh, laju denyut jantung, peredaran darah, dan mengatasi berbagai macam problem penyakit
Mendorong racun dan kotoran dalam darah keluar dari tubuh
Menurunkan tingkat agretifitas dan perilaku-perilaku buruk dari dampak stres seperti mengkonsumsi alkohol serta obat-obat terlarang
Menurunkan tingkat egosentris ehingga hubungan intra personal ataupun interpersonal menjadi lancar
Mengurangi kecemasan
Pada anak-anak dapat meningkatkan intelegency meliputi karakter kognitif, matematis, logis, serta karakter afektif, relational, kreatif dan emosional
Meningkatkan rasa harga diri dan keyakinan diri
Pola pikir akan menjadi lebih matang
Mampu mempermudah dalam mengendalikan diri
Mengurangi stres secara keseluruhan, meraih kedamaian dan keseimbangan emosional yang tinggi
Meningkatkan kesejahteraan
4. Jenis-jenis Relaksasi
Ada bermacam-macam jenis relaksasi antara lain relaksasi otot, relaksasi kesadaran indera, dan relaksasi melalui hipnosa, yoga, dan meditasi.
Metode ini merupakan suatu tehnik latihan yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran yang selanjutnya membawa proses mental lebih terkontrol secara dasar. Selanjutnya tujuan dari latihan ini ada dua yaitu pertama agar seseorang dapat memiliki insight yang paling dalam tentang proses mental didalamnya, insight tentang kesadaran identitas dan realitas; kedua seseorang memperoleh perkembangan kesejahteraan psikologis dan kesadaran yang optimal.
Relaksasi amatlah penting karena pada saat relaksasi, tubuh dan pikiran akan mengaktifkan gen-gen dalam tubuh yang berperan sebagai penghalau penyakit sehingga tubuh terhindar dari penyakit. Selain itu, relaksasi juga dapat meningkatkan kemampuan untuk berkonsentrasi sehingga kemampuan menangkap informasi meningkat, begitupun juga mengurangi trauma dan rasa cemas berlebih serta sulit tidur.
Nah, teknik relaksasi apa saja yang dapat digunakan untuk mengatasi stres?
1. Biofeedback : terapi relaksasi yang efeknya diukur menggunakan sensor di kulit.
2. Olahraga : menghasilkan hormon endorfin yang berefek menenangkan bagi tubuh.
3. Hipnosis : membuat rileks melalui arahan terapis atau bahkan sendiri. hipnosa didefinisikan sebagai suatu kesadaran yang berubah secara semu dimunculkan dan dicerna oleh meningkatnya penerimaan terhadap sugesti
4. Pijat : cara relaksasi untuk tubuh dan pikiran.
5. Meditasi : meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres.Meditasi adalah suatu teknik latihan dalam meningkatkan kesadaran, dengan membatasi kesadaran pada satu objek stimulasi yang tidak berubah pada waktu tertentu untuk mengembangkan dunia internal atau dunia batin seseorang sehingga menambah kekayaan makna hidup baginya.
6. Musik : mempengaruhi gelombang otak, detak jantung dan pernafasan.
7. Progressive Muscle Relaxation : dengan cara pengegangan otot kemudian dilakukan relaksasi otot.
8. Tai Chi : relaksasi dengan gerakan lambat.
9. Visualisasi : menggunakan pikiran untuk membayangkan gambaran yang berefek tenang.
10. Yoga : perpaduan gerakan dan pernafasan untuk relaksasi.Yoga adalah sebuah sistematika baru yang mampu menjelaskan manusia secara utuh, bagaimana menjalani hidup secaraberimbang serta bagaimana cara bertahan hidup jika tidak ada keseimbangan.
TERAPI uap (steam therapy) bermanfaat merelaksasi pembuluh darah dan mendorong sirkulasi.
Spa merupakan salah satu pilihan tepat untuk merilekskan pikiran dan tubuh sehingga segar kembali, selain pikiran jadi rileks kulit tubuh bersinar dan sehat tentu juga efek psikologis.
Aroma terapi dapat mengurangi stres, menenangkan pikiran dan membangkitkan semangat dan gairah. Bahkan ada yang dipercaya dapat membersihkan racun dalam tubuh.
coba juga teknik relaksasi dengan pijat dan TOTOK wajah
Mampu meancarkan peredaran darah pada wajah, Mengencangkan kulit wajah,Mecegah timbulnya kerutan-kerutan dini,Mencegah timbulnya jerawat,Membuat wajah tampak lebih segar dan berseri,Mampu mengendalikan nafsu makan untuk menghindari kegemukan,Meredakan sakit kepala,Meringankan pilek dan sinusitis,Meredakan pegal pada daerah mata,Mengurangi ukuran minus pada mata.


0 comments:

Post a Comment